makanan-sahur-praktis

Makan sahur, bagi sebagian akbar muslim di dunia adalah momen di mana ada kesempatan utk berkumpul keluarga gede, santap sahur bersama, penuh tawa bahagia dan keberkahan. Berkah sahur hadir seiring dengan nikmatnya hidangan yang tersaji dan kebersamaan bersama keluarga yang tercipta. Allah memang lah telah menjanjikan keberkahan yang berlimpah di diwaktu saat sahur.

Namun bagaimanakah dgn Anda yang sedang berpergian atau tinggal jauh dari keluarga selagi bulan Ramadhan tahun ini? tentu kebersamaan dapat sulit didapat. Bahkan terkadang tak ada yang membangunkan sahur, hingga akhirnya sahur terlewat atau dapat menjadi terbangun menjelang sekian tidak sedikit menit saat imsak. Pernahkan Anda merasakan faktor demikian? Diwaktu mata terbuka dan raga mulai sejak sadar di saat dikala imsak dan sahur hanya menyisakan sedikit sekali kesempatan. Disaat buat makan gede rasanya sudah tak lagi memungkinkan.

Namun, jikalau kala imsak benar-benar sudah mepet, makan sahur masihlah harus diusahakan. Tubuh tetap butuh asupan gizi terbaik untuk modal beraktivitas tatkala satu hari penuh. Tenaga yang dihasilkan dari santap sahur akan teramat berguna buat menjaga energi dan konsentrasi selama 14 jam berpuasa.

Seperti yang dilansir dari laman Kompas, menuliskan bahwa di kala ketika imsak telah mepet, langsung siapkan susu. Minum susu adalah pilihan yang paling gampang dan cepat. Susu serta mengandung gizi yang nyaris lengkap dengan protein yang tinggi dan karbohidrat (laktosa) yang kaya.

Untuk diketahui, protein yang dicerna juga sebagai makanan sahur dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, lantaran protein tak sama dengan gula darah (glukosa) yang cenderung akan cepat sekali dicerna oleh lambung dan selanjutnya akan cepat memunculkan rasa lapar kembali ke sel-sel di otak.

Tak Hanya susu murni, dapat pun ditambahkan bersama sereal sederhana. Misalnya sereal instan yang terbuat dari gandum atau jagung. Fungsi sereal yakni mengandung gizi pelengkap berupa karbohidrat.

Gandum dan jagung juga sebagai bahan dasar sereal sudah sejak lama didapati yakni jenis karbohidrat kompleks yang amat baik bagi pencernaan. Karbohidrat kompleks tak sama dengan nasi putih yang berjenis glukosa sederhana.

Glukosa sederhana seperti gula pasir dan nasi putih cenderung cepat buat dicerna oleh tubuh sehingga rasa lapar bakal serta-merta datang. Namun sebaliknya, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam gandum dan jagung sanggup membuat tubuh mencernanya dengan perlahan dan rasa kenyang serta akan bersi kukuh lama.

Jikalau ketika terus sempat sebelum imsak, lengkapi pula santap sahur praktis Anda dgn makan biskuit, ataupun pencuci mulut semacam pepaya yang lembut dan segera dikunyah. Pepaya serta didapati mengandung zat papain yang berguna untuk memecah protein menjadi tambah baik.

Anjuran terakhir, pastikan Anda menghindari konsumsi makanan asin yang mengandung garam dan lemak tinggi yang merupakan hidangan santap sahur praktis Anda. Makanan tinggi garam dipercaya dapat membuat tubuh merasa serta-merta haus.

Itulah sekian tidak sedikit panduan yang mampu ditingkatkan apabila dalam sisa Ramadhan ke depan Anda tetap harus makan sahur seorang tak bersama ada yang membangunkan, dan kemudian terbangun di dikala imsak hampir menjelang.

Sesungguhnya Allah memberikan diwaktu sahur itu keberkahan tak terhingga.

(CAL)

Sumber